
Dalam konteks organisasi siklus hidup suatu
organisasi adalah menjadi organisasi yang dihargai dan memiliki kredibilitas
yang tinggi. Pada tahap introduction banyak biaya yang dikeluarkan untuk pengenalan suatu produk baru yang
telah dibuat dan akan dipasarkan kepada pelanggan.
Pada tahap growth sudah mulai meningkat dan sudah banyak
konsumen yang mulai mengenal produk yang perusahaan buat, sehingga produk yang
dipasarkan dapat dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan suatu keuntungan
bagi pemilik perusahaan tersebut.
Berikutnya masuklah tahap maturity yaitu tahap titik jenuh yang ditandai
dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap
dititik tertentu dan jumlah keuntungan yang diperoleh mulai menurun. Setelah
mencapai puncaknya maka produk akan turun dengan alamiah. Perubahan citra
produk/ organisasi lalu dilakukan untuk mendukung inovasi dan menghindari
penurunan drastis akibat kejenuhan produk. Jangka waktu titik jenuh tidak saja
ditentukan dari jenis produk tapi bisa dilihat menggunakan indikator seperti
penjualan produk, komplain yang tidak tertangani, distribusi dll.
Kemudian
masuk tahap yang terakhir yaitu tahap decline pada kondisi ini produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen
untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang
diperoleh produsen dan pedangang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti
dan akhirnya bisnis tersebut mati.
Jika dilihat dari berbagai definisi tahapan
dalam siklus tersebut, dapat dikatakan bahwa produk elektronik atau gadget
biasanya mempunyai siklus hidup yang sangat cepat mengalami tahap decline, hal ini disebabkan karena
kemajuan teknologi yang selalu berkembangan dari wkatu ke waktu. Contohnya
handphone, dari tahun ke tahun banyak sekali merek atau tipe terbaru yang
keluar dengan berbagai spesifikasi yang
dibuat. Handphone dengan merek-merek yang tidak terkenal seperti buatan C***
yang saat ini sudah sangat jauh ketinggalan dibandingkan dengan handphone yang bermerek
seperti S******, I*****, O***, S***, dll. Handphone dengan buatan C*** saat ini
sudah mengalami tahap decline. Sekarang
orang-orang jika berniat ingin membeli hp mungkin akan melihat dari segi merek
yang pertama, yang kedua dari segi spesifikasi hp dan yang ketiga dari segi
harga. Bahkan toko-toko elektronik dan konter hp pun sudah tidak menyediakan
lagi handphone dengan spesifikasi dan merek-merek yang tidak terkenal
kualitasnya.
Sedangkan produk yang mempunyai daur hidup agak
lama untuk mencapai tahap decline adalah
minuman seperti Aqua, sejak berdirinya aqua sampai sekarang tetap memimpin
pasar dan masih ada di tahap growth. Mungkin
jika suatu saat air jernih menjadi langka di Indonesia, pasti produk aqua
semakin laku dipasaran.
6013210083
ouh begono
BalasHapus