Senin, 25 April 2016









Dalam konteks organisasi siklus hidup suatu organisasi adalah menjadi organisasi yang dihargai dan memiliki kredibilitas yang tinggi. Pada tahap introduction banyak biaya yang dikeluarkan untuk pengenalan suatu produk baru yang telah dibuat dan akan dipasarkan kepada pelanggan. 
Pada tahap growth sudah mulai meningkat dan sudah banyak konsumen yang mulai mengenal produk yang perusahaan buat, sehingga produk yang dipasarkan dapat dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan suatu keuntungan bagi pemilik perusahaan tersebut. 
Berikutnya masuklah tahap maturity yaitu tahap titik jenuh yang ditandai dengan tidak bertambahnya konsumen yang ada sehingga angka penjualan tetap dititik tertentu dan jumlah keuntungan yang diperoleh mulai menurun. Setelah mencapai puncaknya maka produk akan turun dengan alamiah. Perubahan citra produk/ organisasi lalu dilakukan untuk mendukung inovasi dan menghindari penurunan drastis akibat kejenuhan produk. Jangka waktu titik jenuh tidak saja ditentukan dari jenis produk tapi bisa dilihat menggunakan indikator seperti penjualan produk, komplain yang tidak tertangani, distribusi dll. 
Kemudian masuk tahap yang terakhir yaitu tahap decline pada kondisi ini produk perusahaan mulai ditinggalkan konsumen untuk beralih ke produk lain sehingga jumlah penjualan dan keuntungan yang diperoleh produsen dan pedangang akan menurun drastis atau perlahan tapi pasti dan akhirnya bisnis tersebut mati.



 Contoh :
Jika dilihat dari berbagai definisi tahapan dalam siklus tersebut, dapat dikatakan bahwa produk elektronik atau gadget biasanya mempunyai siklus hidup yang sangat cepat mengalami tahap decline, hal ini disebabkan karena kemajuan teknologi yang selalu berkembangan dari wkatu ke waktu. Contohnya handphone, dari tahun ke tahun banyak sekali merek atau tipe terbaru yang keluar dengan berbagai spesifikasi  yang dibuat. Handphone dengan merek-merek yang tidak terkenal seperti buatan C*** yang saat ini sudah sangat jauh ketinggalan dibandingkan dengan handphone yang bermerek seperti S******, I*****, O***, S***, dll. Handphone dengan buatan C*** saat ini sudah mengalami tahap decline. Sekarang orang-orang jika berniat ingin membeli hp mungkin akan melihat dari segi merek yang pertama, yang kedua dari segi spesifikasi hp dan yang ketiga dari segi harga. Bahkan toko-toko elektronik dan konter hp pun sudah tidak menyediakan lagi handphone dengan spesifikasi dan merek-merek yang tidak terkenal kualitasnya.
Sedangkan produk yang mempunyai daur hidup agak lama untuk mencapai tahap decline adalah minuman seperti Aqua, sejak berdirinya aqua sampai sekarang tetap memimpin pasar dan masih ada di tahap growth. Mungkin jika suatu saat air jernih menjadi langka di Indonesia, pasti produk aqua semakin laku dipasaran. 





Yayang Herawati
6013210083

1 komentar: